P Call, Murah Sampai Ke LN

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Teknologi ini mengubah data suara menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Sejak Juni 2006 jaringan serat optic (FO) di IPB Kampus Darmaga yang selama ini digunakan untuk komunikasi data (intranet/internet) dengan menggunakan computer (IPBnet), sudah dapat juga digunakan untuk komunikasi suara (percakapan) menggunakan pesawat telepon dengan memanfaatkan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol).

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sedemikian cepat telah membuka peluang besar bagi perkembangan bisnis perusahaan penyedia jasa solusi jaringan data (data networking solutions), layanan telepon berbasis internet protocol (IP telephony), serta layanan lainnya di internet. Data statistik yang dimilikinya juga menyebutkan para users tersebut menggunakan internet sebagian besar untuk mengirim surat elektronik (email) yakni sebanyak 91 persen, untuk referensi berita (76 persen), serta untuk chatting (52 persen), layanan voice over IP/ telephony (10 persen).

Selain itu, karena teknologi VoIP dianggap sebagai teknologi baru, akan menjadi terlalu mahal bagi kegiatan UKM untuk memiliki orang-orang yang hanya mengurus masalah teknologi komunikasi informasi. Padahal, kehadiran teknologi VoIP sebenarnya memberikan peluang untuk menekan biaya percakapan telekomunikasi, terutama untuk sambungan langsung jarak jauh dan internasional. Bagi mereka yang ingin mencoba atau pun yang sudah mencoba, untuk ujicoba pertama kali, teknik membangun mengunakan sambungan PC ke PC, dengan investasi headset seharga Rp35.000, dan sambungan internet sudah mencukupi untuk mencek apakah teknik yang kita terapkan cukup memadai.

Inilah cara termudah untuk melakukan telepon PC ke PC dengan cara mendownload software SKYPE (www.skype. com) install, registrasi dan panggilah teman anda yang ada di Amerika tanpa menggunakan pulsa telepon alias gratis. Jika anda ingin menelefon ke HP Vodafone teman anda di London, anda tinggal membeli ‘pulsa’ yang sangat murah yaitu seharga Rp300 per menit, dari penyelenggara, dalam hal ini skype. Menelepon ke telepon rumah di Amerika Rp250 per menit, begitu juga ke telepon rumah di Australia. Dengan memakai handphone Nokia E series kita juga dapat melakukan VOIP call, selama tersedia jaringan internet via WIFI atau pun GPRS/3G dari operator selular. Pulsa yang dipakai bukan pulsa selular tetapi memakai jaringan internet. Sudah tentu sangat hemat, apalagi untuk berbicara dengan seseorang yang berada di London. Masalah kualitas dari suara yang kita dengar tergantung daripada kualitas internet yang kita pergunakan, semakin tinggi kecepatan akses internet yang kita miliki semakin jernih kualitas suara yang kita terima.

Bagi anda yang ingin lebih bereksperimen; sekarang tersedia banyak sekali aplikasi perangkat lunak dan keras untuk keperluan telepony VoIP. Aplikasi perangkat lunak berupa softphone (bisa dilihat di http://www.voiprakyat.or.id) tersedia secara gratis, dan bisa segera digunakan untuk terkoneksi dengan produk-produk VoIP yang disediakan pihak ketiga. Aplikasi softphone paling populer sekarang adalah X-Lite 3.0 yang mudah digunakan. Salah satu kelebihan yang dimiliki X-Lite ini adalah memungkinkan untuk melakukan teleponi video kalau sama-sama menggunakan videocam di komputer. Ada tiga langkah yang diperlukan untuk menggunakan softphone, menetapkan proxy server SIP (untuk VoIP Rakyat tinggal memasukkan voiprakyat.or.id, memasukkan userid yang digunakan dan memasukkan kata sandi password yang diperoleh setelah pendaftaran ke penyedia akses teleponi VoIP.

Kelemahan softphone adalah penggunaannya harus melalui komputer. Penggunaannya menjadi tidak nyaman seperti penggunaan telepon analog yang selama bertahun-tahun kita gunakan untuk bertelekomunikasi. Keuntungannya, kalau softphone digunakan pada notebook dan kita berada di luar kantor tapi terkoneksi melalui hotspot, kita akan mudah untuk melakukan panggilan ke mana saja termasuk menerima panggilan telepon masuk.

Mengubah analog
Cara lain yang paling mudah adalah menggunakan perangkat keras yang disebut sebagai Analog Telephone Adaptor (ATA) dan mulai tersedia di pasaran. Produk ATA sebenarnya mengubah telepon analog untuk bisa digunakan sebagai teleponi VoIP sehingga bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan kemajuan teknologi VoIP tidak perlu investasi untuk membeli IP Phone, cukup mengubah telepon analog yang ada sekarang menjadi telepon digital dengan perangkat ATA ini. Sebagai contoh ATA dari Linksys model SPA9000-NA, Linksys SPA9000-NA adalah sebuah sistem IP PBX yang bisa menghubungi sebuah sistem telepon PBX sampai dengan 16 buah unti perangkat teleponi IP. Memiliki fitur telekomunikasi suara seperti pada perangkat PBX umumnya, SPA9000-NA ini juga memiliki fitur auto attendant untuk menerima panggilan masuk melalui rekaman suara, konferensi telepon tiga arah, intercom dan lainnya.

Sedangkan perangkat SPA-1000 berfungsi untuk mengubah semua telepon analog merek apa saja untuk menjadi IP Phone melakukan telekomunikasi VoIP. Dengan perangkat ini, perusahaan yang ingin mengejawantahkan teleponi VoIP tidak perlu mengganti perangkat-perangkat yang dimiliki, tapi cukup menambahkan SPA-1000 untuk melakukan teleponi VoIP. Kehadiran berbagai perangkat VoIP ini memungkinkan siapa saja dan di mana saja untuk melakukan percakapan jarak jauh secara murah dan bahkan untuk tujuan beberapa negara secara gratis. Keseluruhan lanskap telekomunikasi telah berubah dan tidak ada yang mampu untuk membendungnya. Tidak PT Telkom, Dirjen Postel dan BRTI sekali pun.

Keuntungan menggunakan jaringan VoIP adalah:
Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8 kbps bandwidth. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada di kantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: