Maya Soetoro Ikut Jadi Jurkam Barack Obama

Maya Soetoro akan menggalang suara dari warga keturunan Asia yang berada di Hawai untuk mendukung kakaknya, Barack Obama jadi Presiden Amerika Serikat
Honolulu,GhaboNews- Maya Soetoro (36) bersama suaminya, Konrad Ng, dan anaknya yang masih berusia dua tahun, Suhaila, menggelar acara tatap muka dengan pendukung kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Barack Obama. Acara tatap muka yang digelar di Kawanakoa Middle School sekaligus untuk memperingati “Hari Ibu”. Dan, sekitar 100 pendukung Obama memadati aula sekolah tersebut.

Bagi Maya, hal ini merupakan yang pertama kali menjadi juru kampanye (jurkam) bagi Obama, meski tidak ada penunjukan secara resmi. Maya berinisiatif untuk menggalang warga keturunan Asia di Amerika Serikat, khususnya di Hawai untuk mendukung Obama. Apalagi, Obama lahir dan tumbuh dewasa di Hawai.

Lalu, siapakah Maya Soetoro? Perempuan ini adalah adik tiri Barack Obama. Usianya berbeda sembilan tahun, tetapi memiliki banyak kesamaan, terutama dalam musik dan sikap hidup. Maya Soetoro dan Barack Obama lahir dari satu ibu, tetapi lain ayah.

Ann Duhman menikah dengan Obama Sr mendapatkan anak yang sekarang menjadi senator dari Partai Demokrat. Setelah bercerai dengan Obama Sr, Ann Dunham menikah dengan Lolo Soetoro yang kemudian melahirkan Maya. Pasangan ini kemudian tinggal di Indonesia dan Barack Obama sempat sekolah lima tahun di SD Negeri I Menteng, Jakarta Pusat. Setelah itu, mereka pindah ke Hawai dan Ann Dunham meninggal dunia tahun 1995.

“Dia wanita yang lembut dan menyanyangi semua orang. Dia sangat anti kekerasan. Sikap ini juga menurun kepada Obama,” ujar Maya Soetoro mengenang ibunya.

Maya Soetoro menikah dengan lelaki asal Vietnam, Konrad Ng. Dia berencana akan aktif menjadi jurkam di beberapa Honolulu dan sekitarnya. Nenek Obama, Madelyn Dubham (84) menyatakan akan membantu Maya Soetoro, tetapi tidak bisa aktif karena alasan kesehatan.

Maya dan Barack Obama pernah tinggal bersama di Honolulu pada 1973-1976, tetapi setelah lulu sekolah menengah Obama pindah ke Mainland (wilayah utama AS). “Dia banyak memberikan nasihat tentang kehidupan,” ujar Maya Oetoro yang kini mengajar sejarah di La Pietra Hawi School for Girls dan mengajar “kelas malam” di Hawai University.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: