Customer Service Award Telkom 2008

CSA tahun 2008 tahap II telah dilaksanakan mulai tanggal 4 agustus 2008 s/d 6 agustus 2008 yang lalu, di pusatkan di Learning Center Area medan , CSA tahap II ini diikuti sebanyak 30 peserta dari 8 Kandatel, terdiri dari 10 orang petugas CSR, 5 petugas Flexi Center, 5 Orang petugas OCR, 5 orang petugas Security dan 5 peserta dari supervisor plasa, antara lain sdr.Awal Mahali Spv plasa Batam, Sdri.Erlina Spv Plasa Padang, sdri.Nyakyuk Spv Plasa Palembang, Sdri Martha Marlina Sinaga Spv Plasa Medan, serta penulis sendiri yakni.Sdr Armansah Panggabean dari Plasa Pangkalan Kerinci Ridar.

Adapun materi dari eleksi penilaian putaran Final CSA 2008 ini adalah :
1. Phisical Performance
2. Product And Skill Knowledge
3. Personal Quality

Agenda Penilaian final CSA 2008 Divre I ini adalah :
– Hari I Diskusi Kelompok,
– Hari ke II Wawancara dan
– Hari Ke III Role Play

Bagi rekan-rekan yang mungkin terpilih pada tahun mendatang, saya akan share aktifitas apa saja mulai hari pertama sampai selesai.

Setiap pagi hari para peserta diwajibkan untuk melaksanakan senam ringan tepat pukul 6 pagi, dan dilanjutkan dengan game yang di pandu oleh Bapak Tobing dari Intelegentia Consultant.

CSA 2008 ini dibuka secara resmi oleh SM Customer Care Divre 1 Bapak Nangkih Sembirnig, dilanjutkan presentasi dari beliau kepada para peserta perihal tingginya tingkat Churn dan agar Churn dapat di kelola dengan baik.

Penilain hari I dimulai dengan kegiatan diskusi, kami para SPV plasa diberikan waktu +-30 menit untuk berdikusi, lalu diberikan kasus mengenai Interkoneksi, keaktifan peserta dalam forum diskusi tsb dinilai oleh para juri yang terdiri :

Bpk.Sakri Sentot,
Bpk.Paruntungan Sihombing,
Bapak Rusyad dan
Bpk Agung ( Lengkapnya Agung Apanya? aku wis coba cari nang info rekan, soalne sing jeneng agung okeh, sorry ya bos….)

Sebelum dilanjut share hari ke 2 , perlu saya infokan bahwa, sebelum berangkat mengikuti CSA tahap II ini, para peserta diwajibkan membuat Buku pribadi yang dijilid rapi sebanyak 5 buah dengan outline :
1. Data Pribadi
a. Nama, Tanggal / Tahun lahir
b. Alamat tempat tinggal
c. Loker
d. Telepon Flexi, Pstn
e. Mulai kerja di loker terakhir
f. Cita-cita
g. Moto Hidup
h. Hobby
2. Recognation ( External & Internal )
3. DJM
4. Tanggung jawab harian
5. NKI terakhir.
6. Daftar Riwayat kerja
7. Data Performansi
8. Data Profiling & Account plan ( utk OCR )
9. Harapan dan keinginan ke depan

Pada hari kedua yakni wawancara, pertanyaan juri sebagian ada berkaitan dengan apa yang kita tulis pada buku pribadi tsb, DJM juga ditanya, terus pertanyaan lainnya adalah mengenai product Knowledge Telkom, sedang pada hari ke 3 adalah Role Play, semacam simulasi tata cara menghadap pelanggan sehari-hari dengan berbagai macam karakter dan tingkat emosional yang diperankan oleh mistery guest yang memang memainkan perannya sangat baik.

Para peserta terbaik dari penilain ini akan akan mewakili divre I ke ajang CSA tingkat nasional, dan akan diumumkan dalam waktu dekat melalui nota dinas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: